Silabus dan RPP

Penyusunan silabus dan RPP merupakan satu indikator dari standar proses pendidikan yang ditetapkan dalam Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007.

Silabus dan RPP merupakan dokumen guru dalam merencanakan pembelajaran. Kedua dokumen ini untuk setiap satuan pendidikan dapat berbeda pada indikator, pengalaman belajar atau komponen lainnya. Oleh karena itu ditetapkan standar minimal penyusunannya di dalam peraturan tersebut. Walau demikian teori keduanya perlu anda pahami untuk membentuk pola pikir dan perilaku berkarya.

Dasar Teori Silabus

Dasar teori dalam pengembangan Silabus dan penyusunan RPP adalah Desain Sistem pembelajaran. Desain Sistem Pembelajaran dalam kawasan Teknologi Pendidikan merupakan salah satu solusi mengatasi masalah belajar bertujuan, dimana guru sengaja menyediakan kondisi eksternal melalui perencanaan pembelajaran.

Desain sistem pembelajaran memberikan bantauan untuk mencapai tujuan belajar yang harus diselesaikan oleh peserta didik, dengan jalan mengembangkan komponen-komponen pembelajaran untuk memudahkan belajar peserta didik. Untuk memahami apa dan bagaimana desain sistem pembelajaran, maka anda harus mengetahui terlebih dahulu sistem pembelajaran.

Pembelajaran sebagai sebuah sistem dikenal dengan sebutan sistem pembelajaran, yang menggambarkan sebuah proses yang terdiri dari komponen-komponen pembelajaran saling berinteraksi satu dengan lainnya untuk mencapai tujuan.

[ masih ada lanjutannya,,, untuk sementara sekian dulu ]